Tingkatkan Pemahaman Politik

Untuk membangun semangat pemikiran nasionalitas dan objektivitas dalam rangka membangun semangat kebersamaan dalam menyumbangkan ide dan pemikiran pasca Pemilukada Batola, kemarin (19/12) Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyelenggarakan koordinasi forum diskusi politik.

 

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Bahalap Marabahan dan dibuka oleh Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi tersebut melibatkan sekitar 50 peserta yang berasal seluruh kecamatan, para pengurus parpol, ormas, serta aparatur SKPD terkait. Ma’mun mengatakan, forum diskusi politik ini penting dan strategis dalam upaya peningkatan pemahaman tugas, tanggung jawab dan peran partai politik (parpol), khususnya dalam memberikan pembelajaran politik yang santun dan bermartabat bagi kader dan konstituennya.

Untuk itu,  mantan wakil DPRD Batola ini berharap, akan tercipta iklim politik yang lebih sehat dan demokratis serta mampu meningkatkan nilai kepercayaan dan kesadaran berpolitik masyarakat Batola.  Serta, akan semakin memperkokoh dan mempererat jalinan komunikasi politik yang selama ini terbina dan berjalan dengan baik serta harmonis antara pemkab dan seluruh parpol di Batola.

Walaupun diakuinya, dalam perjalanannya terdapat berbagai perbedaan pola pikir dan sudut pandang yang disadari semuanya bagian dari dinamika politik dan bergerak dinamis sesuai perubahan zaman dan tuntutan kebutuhan yang berkembang di masyarakat. Menurut Ma’mun, parpol sebagai salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pembangunan bagi kemajuan daerah diharapkan dapat meningkatkan peran aktifnya dengan memberikan kontribusi positif berupa dukungan konkret dan masukan yang konstruktif serta solutif, khususnya bagi kepentingan  masyarakat. (shn/humpro)

baritokualakab .go.id