Tagana Batola Juara Umum Jambore

Satu lagi prestasi ditorehkan para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Barito Kuala (Batola). Kali ini prestasi yang berhasil diraih adalah juara umum Jambore Tagana se Provinsi Kalsel Tahun 2012 yang dilaksanakan di Martapura, Kabupaten Banjar, pada 3 - 5  Desember 2012 lalu.

 

Dari Jambore tersebut Tagana Batola meraih juara I Water Rescue, juara III PPPK dan juara I Shelter dan Psikososial. Kemarin, para anggota Tagana Batola didampingi Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Dinsosnakertrans, Irwan Softiani, menghadap Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi di ruang kerja guna melaporkan keberhasilan yang diraih.

Dalam pertemuan tersebut, Ma’mun menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas jerih payah dan perjuangan jajaran Tagana Batola, sehingga menghasilkan suatu  prestasi yang mengharumkan nama daerah. Ma’mun berharap, prestasi yang diraih terus dipertahankan agar keberadaannya selalu eksis dan diimbangi tindakan nyata di masyarakat.

Sebab menurut mantan wakil ketua DPRD Batola ini menilai, keberadaan Tagana di Batola, sangat membantu dalam hal penanggulangan berbagai bencana seperti kebakaran, banjir, dan lainnya. Sementara Irwan menerangkan, anggota Tagana di Batola seluruhnya berjumlah 69 orang dan tersebar di seluruh kecamatan.

Saat ini terangnya, masing-masing anggota Tagana hanya mendapatkan insentif Rp100 ribu per orang dari Pemprov Kalsel. “Insya Allah, pada tahun 2013 ini masing-masing akan mendapatkan tambahan Rp100 ribu dari APBD Batola,” ujarnya. Menanggapi masih rendahnya intensif yang diterima anggota Tagana Batola,  Ma’mun berharap para anggota untuk sementara ini dapat menerima apa adanya. Karena mengingat keterbatasan anggaran daerah. (shn/humpro)

baritokualakab .go.id