Disdik Serahkan 209 Data Guru

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kamis (13/12) tadi sudah menyerahkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) Lima Menteri tentang Penataan dan Pendistribusian/Pemerataan Guru PNS di seluruh Indonesia agar semua sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat.

 

Kepala Dinas Pendidikan  Batola Sumarji mengatakan, data guru yang diserahkan ke BKD untuk dipindah tugaskan sudah dilakukan dan ada 209 orang guru yang diserahkan. “124 orang guru SD, 64 orang guru SMP dan 21 orang guru SMP yang sudah diserahkan datanya kepada BKD untuk dilakukan pemerataan nanti,” katanya kemarin.

Sumarji berharap, dengan sudah diberikannya data guru yang akan dilakukan pemerataan nanti dapat cepat segera diproses oleh BKD, sehingga Disdik Batola dengan cepat pula dapat melakukan pemerataan guru sesuai dengan SKB lima menteri.

“Kami berharap SK pemindahan ini cepat keluar, sehingga awal 2013 nanti ketika semester genap siswa dan siswi masuk sekolah guru yang di pindah ini sudah dapat mengajar sesuai dengan yang sudah ditetapkan,” ujarnya. Dijelaskannya, untuk melakukan pemerataan guru sesuai dengan SKB lima menteri ini sebenarnya tak semudah yang diperkirakan.

Karena ada sekolah yang benar-benar kekurangan atau tak ada guru mata pelajaran, sebaliknya ada sekolah yang kelebihan guru.
Sehingga, lanjutnya, diperlukan pendataan yang akurat agar pemerataan ini dapat merata dan dapat dijadikan acuan dalam perekrutan guru dalam penerimaan PNS.

“Pemerataan ini juga sebagai acuan bagi kami untuk mendata guru apa yang lebih dan kurang,” imbuhnya. Sumarji menambahkan, pemerataan guru ini mungkin akan kembali dilakukan pendataan untuk pemerataan. Agar semua sekolah di Batola tak ada lagi yang kekurangan guru dan kelebihan guru dalam proses belajar mengajar. (shn/humpro)

baritokualakab .go.id