Forum Kewaspadaan Dini Digelar

Sebanyak 60 orang yang berasal dari ormas kepemudaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPK, PMK, PMI, Tagana, karang taruna, RAPI, ORARI, linmas kecamatan, ketua RT, serta pejabat yang menangani masalah bantuan sosial dan pencegahan/kesiapsiagaan mengikuti acara sosialisasi forum kewaspadaan dini masyarakat di aula Rumah Sakit Abdul Aziz Marabahan, beberapa hari lalu.

 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Kabupaten Barito Kuala (Batola) tersebut langsung dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Samsurizal yang mewakili Bupati Batola H Hasanuddin Murad dan menghadirkan narasumber Sekretaris Daerah (Sekda) H Supriyono, Kesbangpollinmas Provinsi dan Batola.

Samsurizal mengatakan, kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan, dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana. Bencana tentu tidak hanya dimaknai sebagai bencana fisik seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir dan sebagainya.

Namun termasuk pula bencana karena ulah manusia dalam pengertian luas seperti perang, konflik, pertikaian dan lainnya disebabkan pertarungan kepentingan antara satu dan lainnya yang tak mampu dieliminasi. Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan dapat dijadikan pedoman, khususnya mengenai mekanisme dalam rangka menyampaikan informasi pada masyarakat tentang pentingnya kegiatan.

Sehingga terdapat pemahaman yang sama dalam penerapannya sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah. Selain itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat membantu terbentuknya forum kewaspadaan dini masyarakat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa atau kelurahan.

Sehingga segala bencana dapat diantisipasi dan dihadapi bersama. Ketua panitia pelaksana yang juga Kabid Linmas Badan Kesbangpollinmas Batola Pepsodeni menerangkan, tujuan digelarnya kegiatan selain untuk meningkatkan kewaspadaan, kepekaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi potensi maupun indikasi timbulnya bencana juga dalam rangka menyamakan visi misi para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan elemen masyarakat lainnya dalam menigkatkan upaya kewaspadaan dini masyarakat untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat. (shn/humpro)

baritokualakab .go.id