2014 Taman Sari Bunga selesai

Peninkatan infrastruktur jalan dan jembatan tetap menjadi fokus utama duet pasangan H. Hasanuddin Murad  dan  H. Ma’mun Kaderi  dalam membangun Batola lima tahun mendatang.

 

Pembangunan jalan poros yang menghubungkan antar kecamatan seperti ruas jalan Taman Sari Bunga (Tabunganen, Mekarsari, Tamban dan Anjir) akan dilanjutkan pembangunannya.

Bahkan, Bupati Batola H. Hasanuddin Murad selama kepemimpinan lima tahun mendatang bertekad ruas jalan akan tembus dari Anjir Muara sampai Kuala Lupak (pesisir laut, Tabunganen).

Ruas jalan Taman Sari Bunga ini ditargetkan dapat diselesaikan samapai ke wilayah Tabunganen pada tahun 2014.

Ruas jalan Purwosari sampai Tabunganen akan diaspal ATB pada 2014. Ini karena ada disebagian ruas jalan masih terdapat tiang listrik ditengah jalan, sehingga kendala penyelesaiannya. Pada tahun 2013, ratusan tiang listrik akan dipindahkan ke tepi jalan.

Insya Allah, kata  Bupati Batola H. Hasanuddin Murad, ruas jalan Taman Sari Bunga akan dapat diselesaikan sampai Kuala Lupak pada periode kedua ini.

“ Dari Kantor Kecamatan Tabunganen ke Kuala Lupak hanya 12 kilometer,” kata Hasanuddin Murad optimis sembari menyebutkan ada asatu jembatan lagi yang besar.

Di Ruas jalan taman sari Bunga sudah dilakukan pengaspalan . Tahun 2013 akan diaspal ulang (ATB) ruas jalan Anjir Muara – Jelapat II, Anjir Jelapat – Handil Subarjo dan ruas jalan Jelapat – Tinggiran Darat juga akan diaspal.

Di Ruas jalan Taman Sari Bungan telah dibangun 10 dari 11 jembatan bentang panjang dan box corvert. Jembatan Tabunganen Kecil salah satunya, dibangun menghabiskan dana mencapai 34 milliar sudah selesai dikerjakan, tinggal penyelesaian oprit jembatan. Ruas jalan Taman Sari Bunga dari Anjir Muara ke Tabunganen (Kuala Lupak) sepanjang 40 kilometer . Sepanjang 28 kilometer dan yang sudah diaspal ATB sepanjang 20 kilometer, delapan kilometer masih lapisan LPA Kelas B dan 12 kilometer berupa berbatu sirtu.

Begitu juga poros jalan ke wilayah utara seperti pembangunan poros jalan Marabahan – Tabukan – Muara Pulau akan dilakukan perkerasan sepanjang empat kilometer.

Demikian pula ruas jalan Jambu Kuripan sepanjang 20 kilometer, hanya tertinggal delapan kilometer belum di cor beton, akan diselesaikan pada tahun 2013.

Lima tahun ke depan, masyarakat bisa menuju Kecamatan Kuripan lewat darat melalui ruas jalan Marabahan, kemudian memutar di Margasari dan Kecamatan Kuripan, Insya Allah.

baritokualakab .go.id