Peringatan Hari Pahlawan

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola), kemarin (12/11), melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November yang berlangsung di Lapangan 5 Desember Marabahan. Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Bupati Batola H Hasanuddin Murad.

 

Hasanuddin saat membacakan sambutan tertulis dari Menteri Sosial RI Dr Salim Segaf Al-Jufri MA mengatakan, pertempuran 10 November di Surabaya yang diperingati setiap tahun sebagai hari pahlawan adalah perjuangan heroik yang memerlukan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negara, baik jiwa, raga maupun harta.

Dalam pertempuran tersebut, seluruh komponen bangsa bersatu padu mengusir penjajah yang ingin berusaha menancapkan kembali kekuasaan di Bumi Indonesia. Semangat dan nilai kepahlawanan yang ditujukan dalam pertempuran itu, sebutnya, hendaknya dihayati dan menjadi inspirasi untuk mengisi kemerdekaan.

Diungkapkan, Hari Pahlawan tahun 2012 yang mengambil tema, semangat kepahlawanan untuk Indonesia sejahtera ini dapat menjadi momentum bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana dicita-citakan para pendahulu negara. Berbagai permasalahan yang dihadapi mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, korban bencana sampai tawuran antar warga atau pelajar yang menimbulkan korban jiwa yang terjadi akhir-akhir ini.

Semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya, lanjut menteri, menjadi sumber motivasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah sekaligus memacu  mewujudkan keinginan dan harapan bersama. Upacara peringatan ini juga diwarnai dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan 5 Desember Marabahan dengan inspektur upacara H Ma’mun Kaderi. (shn)

baritokualakab .go.id