Koperasi & UKM

Perkembangan Koperasi yang KUD tidak ada perubahan pada jumlah koperasi dan jumlah anggota nya, akan tetapi terjadi peningkatan pada jumlah simpanan, cadangan, dana-dana, volume usaha, sisa hasil usaha dan jumlah utang. Sedang untuk Non KUD terjadi peningkatan baik pada jumlah koperasi, jumlah anggota, jumlah simpanan, cadangan, dana-dana, volume usaha, dan sisa hasil usaha, akan tetapi jumlah utang juga mengalami peningkatan.

Sejalan pelaksanaan otonomi daerah yang disertai adanya pergeseran paradigma usaha koperasi dari koperasi pedesaan kearah koperasi konsumen dan distribusi, pemerintah memberikan kesempatan yang seluasluasnya kepada masyarakat membentuk dan mengelola koperasi agar koperasi lebih mandiri dan bebas melakukan aktivitasnya tanpa campur tangan pemerintah.

Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya produktivitas, efisiensi dan daya saing Koperasi dan UKM serta partisipasi masyarakat dan dunia usaha dalam menumbuh kembangkan kewira usahaan yang tercermin dari meningkatnya pangsa pasar dan meningkatnya jumlah Koperasi dan UKM serta perannya dalam perekonomian daerah.

baritokualakab .go.id